Maling

maling_lap

Selamat pagi/siang/sore/malam para pengunjung. Sebelumnya saya mohon maaf kalo beberapa hari belakangan blog jarang di-update dikarenakan laptop saya dimana saya menaruh berbagai isi dan bahan untuk postingan di blog ini hilang dimaling.

Bagi para maling (terutama yang nyolong laptop saya) yang membaca postingan ini, saya doakan semoga anda bisa bertobat dan tidak mencuri lagi barang apapun dari orang lain, karena itu nggak sehat buat anda dan keluarga anda (selain dosa tentunya).

Oke, dalam posting unek-unek kali ini saya ingin sedikit membahas mengenai para maling. Apa sih maling itu? Menurut KBBI, maling/ma·ling/ n orang yang mengambil milik orang lain secara sembunyi-sembunyi; pencuri (terutama yang mencuri pada malam hari): — itu dan masuk ke dalam rumah melalui jendela;– berteriak — , pb mendahului orang menyerahkan suatu kesalahan (kejahatan) supaya tidak dituduh orang. Dari definisi itu, maling bisa dikatakan sebagai orang yang mengambil barang orang lain secara sembuni-sembunyi. Tapi apakah benar?

Salah satu fenomena maling yang paling kentara saat ini bagi saya seorang mahasiswa adalah maling di lingkungan dalam kampus itu sendiri (terutama kampus dan fakultas saya berada). Mungkin, dikarenakan free-flow orang yang bebas masuk-keluar kampus/fakulas, sehingga para maling dengan mudah beraksi dan menghilang di tengah kerumunan apabila dikejar oleh orang lain. Pun begitu ketika saya kemalingan, saya kemalingan laptop saya di wilayah dalam mushala fakultas (yang notabenenya itu adalah wilayah beribadah). Untungnya, tas saya nggak ikutan diembat oleh si maling yang terhormat itu, jadi beberapa catatan kuliah saya masih terselamatkan, hal tersebut saya ketahui ketika saya melaporkan kehilangan ke satpam fakultas yang bilang ke saya bahwa kehilangan tas yang isinya laptop adalah hal yang lumrah terjadi, satpam pun mengakui bahwa sulit untuk mengawasi orang sebanyak itu dikarenakan ketiadaan CCTV yang meng-cover area kampus, akhirnya saya dan kawan saya hanya bisa melakukan pelaporan saja. Sedih? Pasti. Geram? Apalagi. Pengen gebukin itu maling? Jelas pasti. Tapi apa daya, malingnya keburu kabur duluan dan mungkin laptop saya sekarang sudah berada entah di tangan siapa. Alhamdulillahnya, laptop saya dilindungi oleh password yang bisa dibilang “nyeleneh“. Sehingga cukup sulit untuk membuka laptop tersebut tanpa membongkar laptopnya secara tuh (kecuali ahli IT/ahli enkripsi seperti di film dan serial TV Barat tentunya).

Dari kejadian yang saya alami, saya dapat menyimpulkan bahwa maling zaman modern ini sudah nekat melakukan aksinya dengan tidak sembunyi-sembunyi lagi, bahkan di tempat ibadah (yang dianggap orang adalah tempat yang aman). Mungkin memang mental mereka dibentuk untuk menghalalkan segala cara ketika kepepet? Entahlah, tapi yang jelas menurut saya pribadi, definisi maling seperti di atas sudah tidak berlaku secara umum lagi karena di tempat umum pun, sudah sering kita dengar kasus kemalingan atau kecopetan. Ditambah lagi dengan kurang efektifnya penjagaan yang dilakukan dan rasa “aman” yang ditimbulkan di tempat kita rutin beraktivitas, maka maling semakin berani lagi untuk beraksi.

Saran saya, berhati-hatilah dimanapun anda berada, dan buat para mahasiswa, jangan bawa laptop ke kampus kalo nggak diperluin amat. Kalopun harus bawa, jangan lupa simpan di tempat yang bisa diawasi oleh teman/kawan anda. Sampai hari ini, jujur, saya masih kangen dengan laptop lama saya, meskipun alhamdulillah sudah diberikan pengganti, tetapi yaa tetap saja, yang namanya barang penuh kenangan (terutama sebagai saksi bisu perjuangan saya dan kawan-kawan saya menempuh 3 semester) tidak bisa dilupakan semudah itu.

Sedikit petunjuk mungkin bagi orang yang iseng-iseng mau nyari maling/laptonya😀, laptop saya yang lama adalah sebuah laptop Sony VAIO hitam.

Sumber:
Definisi – http://kbbi.web.id/
Gambar – http://www.tigapilarnews.com/wp-content/uploads/2016/02/maling-gasak-laptop.jpeg

 

Leave a Reply

