KKNM

Sebelumnya maap maap kalo jarang ngepost lagi. Dari post terakhir kebetulan lagi padat juga ini kuliahnya, dan padat mikirin UTS dan UAS. Kebetulan juga ga ada inspirasi buat cerpen, jadi yaaa beginilah akhirnya, ga keurus.

Seenggaknya mending lah daripada diisi sama postingan bot, nggak mencerminkan urang pisan lah kalo post pake bot, ehehehehehe.

Kali ini mau coba re-start blogging. Cielah bahasanya, gaya bet dah. Oke, langsung aja. Untuk entry pertama di tahun 2016, bakalan diisi dengan sedikit unek-unek gue dalam sebuah kegiatan.


 

KKNM alias Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa. Judulnya sih, emang kuliah kerja nyata, tapi pada faktanya mayoritas kegiatan kita diisi dengan observasi. Yep, observasi. Kalo kata artikel ini sih, pengamatan atau observasi adalah aktivitas yang dilakukan makhluk cerdas, terhadap suatu proses atau objek dengan maksud merasakan dan kemudian memahami pengetahuan dari sebuah fenomena berdasarkan pengetahuan dan gagasan yang sudah diketahui sebelumnya, untuk mendapatkan informasi-informasi yang dibutuhkan untuk melanjutkan suatu penelitian. Tapi kalo fakta di lapangannya sih, nggak cuman observasi doang, ada juga kegiatan yang mesti kita lakuin yang emang dibutuhin di desa dimana kita berada (cielah).

Setelah plotting ditukar dan sebagainya, saya dan kawan-kawan kebagian pelaksanaan KKN di Desa Andir, Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka. Kalo kata orang-orang Majalengka sih, Desa Andir termasuk kota. Tapiii ternyata, ekspektasi kota orang-orang yang biasa tinggal di Jatinewyork itu nggak sama banget dengan ekspektasi kota orang-orang Majalengka. Yaa mesti kita-kita agak kecewa sih, tapi setelah bertahan (gilee bertahan) beberapa hari, kita pun segera mensyukuri bahwa plotting kita dijatuhkan kepada Desa Andir.

Dimulai dari Dosen Pembimbing Lapangan yang tergolong bageur, bapak kuwu yang supeerr ramah, warung depan rumah, warung samping depan rumah, kang kadus Manis yang paling manis se-Jatiwangi meureun nya (eh apa se-Majalengka ya? :)) ), sama para pedagang yang selalu rela dagangannya diabisin sama 22 orang di rumah singgah kita. Pokoknya nggak salah deh Allah ngasih tempat KKN di Andir. Program-program yang direncanain pun berjalan lancar. Relasi dengan desa alhamdulillah berjalan baik meskipun masih banyak kekurangan dari para mahasiswanya yang sering ngaret dan hubrang (hudang beurang).

In the end, KKN saya di Desa Andir nggak akan berkesan kalo nggak ada kehadiran 21 orang kawan-kawan KKN sim kuring ku nu sim kuring dipihormat jeung dibanggakeun. 21 orang ini emang punya karakternya masing-masing dan belum terlalu kenal satu sama lain. (Tapi 3 orang diantaranya adalah orang-orang yang janjian untuk KKN satu kelompok dengan saya yaitu (sebut saja) Tapir, Kiki, dan Ismail). Pertama-tama sih keseringan ngobrolnya sama masing-masing geng fakultasnya dan/atau geng-geng janjian ngisi plotting KKN bareng-bareng. Tapi makin kesini yaaa makin cair lah semua tembok-tembok malu, gengsi, ansos, dan sebagainya (halah)Hatur nuhun kepada Aa Agi yang udah merubuhkan tembok pertama malu-malu diantara para barudak KKN dengan permainan perdana Werewolfnya :)).

Apa lagi yaa? Oh yaa, anak-anak SDnyaaa. Bikin berkesan banget, meskipun nggak kita kunjungin tapi mereka yang telah membuat 22 orang disini terharu dengan suratnya. Teruus, selain anak SD? Ah entahlah, kalo diceritain sepertinya tuts keyboard laptop saya akan rusak total. Intinya mah, dari setiap tempat yang udah dijamah sama kelompok kita, setiap kegiatan yang dijalanin, setiap orang yang ada di dalam kelompok KKNM Desa Andir ini udah ninggalin long last impression banget lah untuk kehidupan saya kedepannya. FYI, pas nulis ini post, gue langsung kepikiran flashback mengenai hal-hal apa saja yang terjadi di KKN. Dimulai dari kekonyolan beberapa orang yang seringkali jatuh tidak terduga, sampe kekonyolan omongan setiap orangnya (yang biasanya sih karena keceplosan).

Kira-kira apalagi yang belum ya? Oh yaaa, cinlok KKN. wkkwkwkw. Eh tapi kalo dibahas disini sepertinya bakalan sensitif, ntar blog saya dimintain diblokir lagi ke internet positif😦. Gausah dibahas deh kalo gitu wkwkwkkw. Yang jelas ada beberapa lah yang cinlok. For me? Yes, I do admire (and maybe start to fall in love to) someone in this awesome team, but only few people I trust know who she is.

Oke, mungkin segitu aja dulu, ternyata udah lama nggak ngetik bikin pegel tangan. Kebiasaan buka laptop cuman buat main Samurai Warriors 4 atau Europa Universalis III doang nih keknya.

Mungkin lain kali gua bakalan posting yang lebih berkualitas lah ya daripada cuman unek-unek semprul kayak gini kwkwkwkwk.

See you later!😀

(foto dibawah adalah kompilasi foto di Andir selama 30 hari. Nggak bagus amat sih, tapi menurut urang seenggaknya ini mencerminkan kebahagiaan (eaaa) kita selama KKNM di Andir).

kompilasi

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s